Toko Karpet Indah
CUCI & VACUUM KARPET

CUCI & VACUUM KARPET


CARA PENCUCIAN KARPET SECARA MANUAL :
Gelar karpet dilantai, lalu sedot atau hilangkan debu-debunya dengan menggunakan mesin vacuum cleaner. Sebaiknya gunakan mesin vacuum cleaner jenis wet & dry, sehingga bisa digunakan untuk menyedot debu dan sekaligus bisa digunakan juga untuk menyedot air. Setelah debu hilang, bentangkan karpet dengan cara digantung di tempat jemuran yang terbuat dari bambu atau pipa besi dengan diberi penyangga yang cukup kuat, atau Boleh juga dengan cara tetap digelar dilantai. Semprot karpet dengan air dingin. Akan lebih baik jika menggunakan alat penyemprot yang bertekanan, seperti yang biasa dipakai untuk mencuci mobil atau motor, agar kotoran dan debunya dapat lebih maksimal dikeluarkan. Selanjutnya gunakan sabun atau deterjen yang biasa dipakai mencuci pakaian. Namun jika menginginkan memakai shampo karpet, juga tidak ada salahnya. Sikat dengan tangan atau sikat yang bertangkai dengan lembut di bagian karpet yang kotor. Jangan menyikat terlalu keras supaya bulunya tidak rontok.
Setelah bersih, lakukan pembilasan dengan semprotan yang tidak keras (lembut), dan biarkan air membawa semua kotoran dari karpet. Ulangi pembilasan ini, sampai karpet bersih dari sabun dan kotoran-kotorannya. Beri pelembut (softener) dengan cara di larutkan dengan air dingin secukupnya, sesuai kebutuhan.
Keringkan karpet dengan cara digantung di angin-angin di tempat yang tidak langsung terkena sinar matahari agar bulu karpet tidak kasar, namun sirkulasi udaranya cukup baik, supaya karpet tidak bau. Setelah karpet kering taburi dengan baking soda atau soda kue (untuk menghilangkan bau sekaligus menyerap lembab). Biarkan beberapa saat kemudian bersihkan baking soda tadi dengan cara disedot mesin vacuum cleaner sampai bersih. Bangunkan kembali bulu-bulunya (jika dianggap perlu) dengan cara menyikat-nyikatnya dengan sikat tangan plastik dengan lembut. Gulung atau lipat karpet sesuai standar yang telah ditetapkan, kemudian masukkan kedalam kantong plastik pembungkus agar tidak kotor terkena debu. Semprotkan parfum (jika perlu), sebelum plastik pembungkusnya ditutup.


CARA PENCUCIAN KARPET DENGAN MESIN CUCI KHUSUS :
- Gelar karpet dilantai, lalu sedot atau hilangkan debu-debunya dengan menggunakan mesin vacuum cleaner.
- Masukkan karpet kedalam mesin cuci, dan lakukan proses pencuci biasa dan dengan jenis chemical yang sama seperti mencuci pakaian yang berwarna terang. Jangan lupa diberi pelembut (softener) secukupnya sebelum diperas. Persingkat waktu pemerasan akhir (final extract).
- Keluarkan karpet dari mesin cuci dan gantung di tempat jemuran di angin-angin di tempat yang tidak langsung terkena sinar matahari agar bulu karpet tidak kasar, namun sirkulasi udaranya cukup baik, supaya karpet tidak bau.
Setelah karpet kering taburi dengan baking soda atau soda kue (untuk menghilangkan bau sekaligus menyerap lembab). Biarkan beberapa saat kemudian bersihkan baking soda tadi dengan cara disedot mesin vacuum cleaner sampai bersih.
- Bangunkan kembali bulu-bulunya (jika dianggap perlu) dengan cara menyikat-nyikatnya dengan sikat tangan plastik dengan lembut.
- Gulung atau lipat karpet sesuai standar yang telah ditetapkan, kemudian masukkan kedalam kantong plastik pembungkus agar tidak kotor terkena debu. Semprotkan parfum (jika perlu), sebelum plastik pembungkusnya ditutup.
Demikian dan selamat mencoba, semoga usahanya selalu sukses dan terus maju.


sumber : http://mesinlaundry.com/cara-sederhana-mencuci-karpet/
Artikel Terbaru
TIPS MERAWAT KARPET TILE DAN KARPET ROLL KANTOR
TIPS MERAWAT KARPET TILE DAN KARPET ROLL KANTOR
Merawat karpet kantor dengan baik agar tetap awet dan tahan lama.
Manfaat Karpet Untuk Interior Kantor
Manfaat Karpet Untuk Interior Kantor
Pernahkah Anda memasuki beberapa jenis kantor baik milik pemerintah maupun swasta yang menggunakan karpet? Namun masih banyak yang belum mengetahui manfaat karpet itu sendiri.

Kira-kira apa manfaat dari penggunaan karpet tersebut?
Kiat Memilih Karpet Jelang Hari Raya
Kiat Memilih Karpet Jelang Hari Raya
Sempurnakan moment berharga dengan nuansa ruangan yang baru untuk menyambut Hari Raya!
Jam Operasional
Senin - Sabtu : 09.00 - 16.30 WIB
Minggu / Hari Besar : TUTUP
Alamat
Jl. Pintu Air Raya No.47A, Pasar Baru, Jakarta Pusat 10710 Indonesia
Produk Sale
Produk Sale
Lihat Produk
Marketplace & Social Media
Tokopedia
Shopee
Facebook
Instagram
Copyright © 2017 - Karpet Indah. All Rights Reserved,
Website by IKT
Contact Information