Toko Karpet Indah
Vinyl, Desain Lantai Unik dan Modern !

Vinyl, Desain Lantai Unik dan Modern !

Tidak seperti pelapis lantai lainnya, pelapis lantai yang terbuat dari vinyl tersedia dalam jenis ubin (papan) atau lembaran.Vinyl merupakan jenis pelapis lantai yang relatif paling murah ketimbang pelapis lantai lainnya.
Mari kita lebih mengenalnya, mulai dari apa sih sebenarnya lantai vinyl itu, perbandingannya dengan keramik, hingga cara pemasangan dan tips desainnya.

1. Apa Sih Lantai Vinyl itu?
Lantai vinyl atau Laminate Vinyl Tile (LVT) sebenarnya jenis pelapis lantai sintetis yang terbuat dari bahan dasar plastik polyvinyl chloride (PVC). Harganya relatif lebih murah dari jenis pelapis lantai lainnya. Teksturnya halus dan elastis sehingga mudah dipasang. Motifnya pun beragam, mulai dari motif kayu, motif lantai semen, hingga motif geometris klasik.

Bentuknya lembaran/papan dan gulungan. Untuk bentuk lembaran/papan (plank), ukurannya berbeda sesuai pabrik produsennya. Umumnya, lebar 15-20 mm dan panjang 900-1000 mm, dengan ketebalan 3 mm. Sedangkan untuk gulungan (roll), biasanya bisa dipesan dengan panjang minimum 15 m dan lebar 1,83 m, sedangkan ketebalannya 1,5 mm, lebih tipis dari bentuk lembaran.

2. Keunggulan Lantai Vinyl
Tampilannya natural menyerupai lantai kayu/parket, dengan pemasangan yang lebih mudah dan nyaris kelihatan tanpa sambungan. Harganya lebih terjangkau dibanding lantai parket dan keramik. Pemasangannya mudah, bisa ditumpuk di atas lantai dengan jenis apa pun, tidak perlu membongkar lantai lama. Dengan ketekunan dan semangat menciptakan rumah hasil tangan sendiri, memasang lantai vinyl dapat menghemat biaya tukang karena bisa dikerjakan sendiri.
Perawatannya mudah karena bisa dipel seperti lantai keramik, namun akan lebih aman jika membersihkannya menggunakan penyedot debu agar terhindar dari gesekan kain dan gagang pel. Lapisan anti air di paling atas membuat jenis ini cukup awet, sekitar 10-15 tahun, apalagi didukung karakteristiknya yang anti jamur dan anti gores.
Adanya lapisan busa di bagian bawahnya, membuat pelapis lantai ini lebih nyaman di kaki karena lebih empuk dan hangat. Ketahanan terhadap beban juga cukup handal.
Kebanyakan motifnya menyerupai lantai parket tapi dengan ketahanan dan perawatan yang lebih baik. Mampu bertahan terhadap paparan sinar matahari langsung, bahkan air hujan sekalipun.

3. Lantai Vinyl vs Keramik
Dari segi harga, bahan vinyl lebih ekonomis. Namun, lebih banyak motif dan rentang harga yang ditawarkan bahan keramik.
Dari segi ketersediaan pasokan, walau belum banyak toko yang menyediakan bahan vinyl, namun tren belanja online memudahkan konsumen untuk mendapatkannya.
Dari segi ketahanan, sebenarnya keduanya seimbang, sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Bahan vinyl cenderung tidak kuat terhadap gesekan, namun lebih mudah dibongkar pasang untuk perbaikannya. Sedangkan, lantai keramik walau tidak mudah tergores dan lebih anti jamur, namun jika terjadi pemuaian atau tertimpa benda yang jatuh, akan pecah dan bongkar pasangnya pun lebih sulit, karena walau hanya sebuah keramik yang pecah atau memuai, namun seringkali harus menggantinya secara keseluruhan.
Dari segi kenyamanan, tergantung keadaan suhu dan kelembapan lingkungan sekitar. Permukaan keramik yang keras cenderung sejuk walau di musim kemarau sekalipun. Namun, terkadang terlalu dingin untuk musim hujan. Sedangkan, bahan vinyl lebih hangat, empuk dipijak dan nyaman saat musim dingin. Namun, cenderung membuat gerah di musim panas.
Bahan vinyl lebih cocok untuk indoor. Jika ingin mengaplikasikannya di outdoor, beri pelapis untuk melindungi dari paparan sinar matahari langsung.

4. Cara Pemasangan Lantai Vinyl
Pemasangan lantai vinyl cukup mudah. Awalnya, sama seperti bahan penutup lantai lainnya, ukur dan siapkan area lantai yang akan dipasang. Hitung dengan teliti dan belilah jumlah roll sesuai kebutuhan. Biasanya bahan perekat dijual terpisah.
Pastikan lantai dalam keadaan bersih, kering, dan rata atau tidak ada partikel yang mengganjal saat proses pemasangan. Jika lantai masih berupa acian semen dengan retakan minor, tutuplah dengan cat. Setelah cat kering dan lantai tidak panas karena sinar matahari atau terlalu dingin dan lembap, barulah pasang lembarannya. Idealnya, suhu permukaan yang baik untuk dilapisi vinyl sekitar 15-200 ◦C.
Sebelum digunakan, gulungan vinyl harus disimpan dalam ruangan agar tetap terjaga kondisinya, tidak kehujanan atau kepanasan. Tentukan pola lantai yang diinginkan, sesuaikan dengan ukuran vinyl. Permudah pembagiannya menggunakan benang agar saat pemasangan juga lebih mudah. Cara termudah adalah memulainya dari titik tengah ruangan untuk mengurangi pemotongan saat menyesuaikan ukuran.
Pemotongan vinyl bisa menggunakan cutter. Pastikan polanya sesuai arah atau motif urat kayunya agar tampilan visualnya lebih cantik dan elegan. Oleskan lem menggunakan kuas pada permukaan lantai dan bagian alas vinyl. Tunggu sampai lem agak mengering, baru tempelkan. Gunakan roller atau injak-injak agar keduanya merekat dengan baik. Bersihkan sisa lem yang keluar di antara sambungan. Sebaiknya, gunakan warna lem yang senada dengan vinyl. Terakhir, lapisi dengan lapisan anti air dan anti jamur untuk meningkatkan ketahanan lantai. Tunggu 24-72 jam sebelum memindahkan seluruh perabotan.



Artikel Terbaru
TIPS MERAWAT KARPET TILE DAN KARPET ROLL KANTOR
TIPS MERAWAT KARPET TILE DAN KARPET ROLL KANTOR
Merawat karpet kantor dengan baik agar tetap awet dan tahan lama.
Manfaat Karpet Untuk Interior Kantor
Manfaat Karpet Untuk Interior Kantor
Pernahkah Anda memasuki beberapa jenis kantor baik milik pemerintah maupun swasta yang menggunakan karpet? Namun masih banyak yang belum mengetahui manfaat karpet itu sendiri.

Kira-kira apa manfaat dari penggunaan karpet tersebut?
Kiat Memilih Karpet Jelang Hari Raya
Kiat Memilih Karpet Jelang Hari Raya
Sempurnakan moment berharga dengan nuansa ruangan yang baru untuk menyambut Hari Raya!
Jam Operasional
Senin - Sabtu : 09.00 - 16.30 WIB
Minggu / Hari Besar : TUTUP
Alamat
Jl. Pintu Air Raya No.47A, Pasar Baru, Jakarta Pusat 10710 Indonesia
Produk Sale
Produk Sale
Lihat Produk
Marketplace & Social Media
Tokopedia
Shopee
Facebook
Instagram
Copyright © 2017 - Karpet Indah. All Rights Reserved,
Website by IKT
Contact Information